Kehangatan dalam Keberagaman Indonesia, di Marseille

Sabtu, 23 Juni 2012 lalu, musim panas yang baru saja dimulai, pesta musik dan festival seni mulai meramaikan setiap sudut kota Marseille. Tidak kalah dengan les Marseillais lainnya, kami putra-putri Indonesia yang sedang merantau di kota tertua di Prancis, Marseille, ikut pula meramaikan sensasi pertunjukan seni dan budaya melalui acara rutin tahunan yang diselenggarakan Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Marseille, « Bazaar Indonesia » atau « mini marché à l’Indonésienne ».

Pintu gerbang besar KJRI yang biasanya tertutup rapat, khusus untuk sabtu siang yang sangat terik ini terbuka sangat lebarnya dan cukup menarik perhatian para pejalan kaki yang berlalu lalang. Para tamu pun mulai berdatangan tepat ketika jam makan siang. Mereka pun dimanjakan oleh keanekaragaman makanan dari berbagai daerah di Indonesia yang dijual oleh stand-stand kecil yang sudah berjejer rapih. Tidak seperti kota besar lainnya di Prancis seperti Paris atau Bordeaux, dimana kita bisa dengan menemukan produk buatan Indonesia atau bahkan makanan khas Indonesia, di Marseille in, sangat disayangkan belum terdapat restoran otentik yang menjual kudapan khas Indonesia. Itulah sebabnya para tamu pun merasa Bazar Indonesia ini adalah kesempatan yang tidak boleh dilewatkan. Beberapa menu dengan sangat cepat habis terjual, seperti nasi kebuli, batagor, baso siomay tahu, pecel, kue basah khas Indonesia, dll. Inilah surga bagi kami warga Indonesia yang tinggal di Marseille, yakni melepas rindu dengan kuliner khas Indonesia.

Tidak hanya dimanjakan dengan kuliner khas Indonesia, para pengunjung pun dimanjakan dengan kenekaragaman budaya yang dipertunjukan oleh para putra-putri Indonesia yang sedang menuntut ilmu di kota tempat dinyanyikan pertama kali lagu kebangsaan Prancis, les Marseillais. Penampilan tari saman berhasil memukau para pengunjung di awal acara, dibuktikan dengan ramainya sorak sorai “Encore!! Encore!! “. Acara berjalan dengan sangat dinamis, membuat pengunjung asing semakin memadati 25, boulevard Carmagnole di siang hari itu, terang saja saja alunan indah musik gamelan berhasil menarik perhatian dan rasa penasaran para pejalan kaki untuk mampir mencari tahu dari manakah asal musik nan indah itu.

Acara pun dilanjutkan dengan kemeriahan musik akustik dan juga tari tor-tor khas Sumatera Utara lengkap dengan peragaan busana khas Bali, Jawa tengah, Jawa Timur, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara, berhasil membuat semua orang terpukau dengan keanekaragaman budaya Indonesia yang disuguhkan oleh putra-putri Indonesia yang tergabung dalam PPI Marseille – PACA, siang hari itu.

Tidak berhenti disitu saja, pengunjung yang semakin lama semakin memadati halaman depan KJRI Marseille, membuat grup penari saman dari PPI Marseille diminta kembali untuk mempertunjukkan tari saman untuk kedua kalinya. « Sungguh tarian yang memukau », begitu menurut salah satu pengunjung asing yang datang. Acara pun ditutup dengan meriah oleh sedikit kejutan flashmob tarian nandak betawi yang diikuti oleh setengah dari pengunjung yang hadir di acara tersebut, dan tidak terkecuali pengunjung asing.

Dalam kesempatan special ini pun PPI Marseille diberikan kesempatan untuk menggalang dana amal di “gerakan 1 €” yang merupakan salah satu program PPI Prancis, Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja PPI-Perancis, yang terinspirasi sebelumnya oleh kegiatan Beasiswa AFIM yang dijalankan oleh teman-teman PPI Montpellier. Beasiswa AFIM sendiri adalah program bersama antara PPI Montpellier, Asosiasi Persaudaraan Indonesia-Francais-AFIM, Association Humanitaire Internationale-AHI yang lahir dari keprihatinan, semangat & kepedulian komunal yang didedikasikan kepada pelajar yang membutuhkan dana di tanah air. Sejak Februari 2009, kegiatan ini telah berhasil membantu mahasiswa-mahasiswa S1 yang berprestasi akademik, bermotivasi tinggi tetapi kurang mampu untuk membiayai proses perkuliahannya di Perguruan Tinggi Negeri. Bentuk beasiswa ini dijabarkan dalam pemberian biaya SPP, biaya hidup bulanan, ataupun pembelian buku/referensi kuliah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s